RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMA NEGERI
5 PALEMBANG
Mata Pelajaran : Ekonomi
Kelas/Semester : XII / Ganjil
Materi Pokok : Akuntansi sebagai Sistem Informasi
Alokasi Waktu : 4 Minggu x 4 Jam Pelajaran @45 Menit
A. Kompetensi Inti
·
KI-1 dan KI-2:Menghayati dan
mengamalkan ajaran agama
yang dianutnya. Menghayati dan
mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), bertanggung jawab, responsif, dan pro-aktif dalam
berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan,
keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara,
kawasan regional, dan kawasan internasional”.
·
KI 3: Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena
dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
·
KI4: Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah
abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metode
sesuai kaidah keilmuan
B. Kompetensi
Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
3.1 Mendeskripsikan
akuntansi sebagai sistem informasi.
|
3.1.1.
Mengidentifikasi
akuntansi sebagai sistem informasi melalui stufi literatur
3.1.2.
Mengklarifikasi
tentang akuntansi sebagai sistem informasi
3.1.3.
Mengolah
data dan informasi tentang akuntansi sebagai sistem informasi
3.1.4.
Menganalisis
tentang akuntansi sebagai sistem informasi
3.1.5.
Menyimpulkan tentang akuntansi sebagai sistem informasi
|
4.1 Menyajikan
akuntansi sebagai sistem informasi.
|
4.1.1
Menyajikan/mempresentasikan
hasil penalaran tentang akuntansi sebagai sistem informasi melalui media
lisan dan tulisan
|
C. Tujuan
Pembelajaran
Setelah mengikuti proses
pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:
1.
Mengidentifikasi
akuntansi sebagai sistem informasi melalui stufi literatur
2.
Mengklarifikasi
tentang akuntansi sebagai sistem informasi
3.
Mengolah data
dan informasi tentang akuntansi sebagai sistem informasi
4.
Menganalisis
tentang akuntansi sebagai sistem informasi
5.
Menyimpulkan tentang akuntansi sebagai sistem informasi
6.
Menyajikan/mempresentasikan
hasil penalaran tentang akuntansi sebagai sistem informasi melalui media lisan
dan tulisan
D. Materi
Pembelajaran
Akuntansi sebagai Sistem Informasi
• Sejarah
akuntansi
• Pengertian
dan Manfaat akuntansi
• Pemakai
Informasi Akuntansi
• Karakteristik
kualitas informasi akuntansi
• Prinsip
dasar akuntansi
• Bidang-bidang
akuntansi
• Profesi
akuntan
• Etika
profesi akuntan
E. Metode
Pembelajaran
Model Pembelajaran :
Discovery Learning
Metode :
Tanya jawab, wawancara, diskusi dan bermain peran
F. Media
Pembelajaran
Media :
·
Worksheet atau
lembar kerja (siswa)
·
Lembar
penilaian
·
LCD Proyektor
Alat/Bahan :
·
Penggaris,
spidol, papan tulis
·
Laptop &
infocus
G. Sumber
Belajar
·
Buku Ekonomi Siswa
Kelas XII, Kemendikbud, Tahun 2016
·
Buku refensi
yang relevan,
·
Lingkungan
setempat
H. Langkah-Langkah Pembelajaran
1.
|
Pertemuan Ke-1 (4 x 45
Menit)
|
||
Kegiatan Pendahuluan
(15 Menit)
|
|||
Guru :
|
|||
Orientasi
|
|||
●
|
Melakukan pembukaan dengan salam
pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan YME dan berdoa untuk
memulai pembelajaran
|
||
●
|
Memeriksa kehadiran peserta didik
sebagai sikap disiplin
|
||
●
|
Menyiapkan fisik dan psikis peserta
didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
|
||
Aperpepsi
|
|||
●
|
Mengaitkan materi/tema/kegiatan
pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan
materi/tema/kegiatan sebelumnya
|
||
●
|
Mengingatkan kembali materi prasyarat
dengan bertanya.
|
||
●
|
Mengajukan pertanyaan yang ada
keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
|
||
Motivasi
|
|||
●
|
Memberikan gambaran tentang manfaat
mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari.
|
||
●
|
Apabila materitema/projek ini
kerjakan dengan baik dan
sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat
menjelaskan tentang materi :
|
||
Sejarah akuntansi,
Pengertian dan Manfaat akuntansi dan Pemakai Informasi Akuntansi
|
|||
●
|
Menyampaikan tujuan pembelajaran pada
pertemuan yang berlangsung
|
||
●
|
Mengajukan pertanyaan
|
||
Pemberian Acuan
|
|||
●
|
Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada
pertemuan saat itu.
|
||
●
|
Memberitahukan tentang kompetensi inti,
kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung
|
||
●
|
Pembagian kelompok belajar
|
||
●
|
Menjelaskan mekanisme pelaksanaan
pengalaman belajar sesuai dengan
langkah-langkah pembelajaran.
|
||
Kegiatan Inti ( 150
Menit )
|
|||
Sintak Model
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
||
Stimulation
(stimullasi/ pemberian rangsangan) |
KEGIATAN LITERASI
|
||
Peserta didik diberi motivasi atau
rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik materi Sejarah akuntansi,
Pengertian dan Manfaat akuntansi dan Pemakai Informasi Akuntansi dengan cara
:
|
|||
→
|
Melihat (tanpa atau dengan Alat)
|
||
Menayangkan gambar/foto/video yang
relevan.
|
|||
→
|
Mengamati
|
||
●
|
Lembar kerja materi Sejarah akuntansi,
Pengertian dan Manfaat akuntansi dan Pemakai Informasi Akuntansi
|
||
●
|
Pemberian contoh-contoh materi Sejarah
akuntansi, Pengertian dan Manfaat akuntansi dan Pemakai Informasi Akuntansi
untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb
|
||
→
|
Membaca.
|
||
Kegiatan literasi ini dilakukan di rumah
dan di sekolah dengan membaca materi dari buku paket atau buku-buku penunjang
lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan Sejarah akuntansi,
Pengertian dan Manfaat akuntansi dan Pemakai Informasi Akuntansi
|
|||
→
|
Menulis
|
||
Menulis resume dari hasil pengamatan dan
bacaan terkait Sejarah akuntansi, Pengertian dan Manfaat akuntansi dan
Pemakai Informasi Akuntansi
|
|||
→
|
Mendengar
|
||
Pemberian materi Sejarah akuntansi,
Pengertian dan Manfaat akuntansi dan Pemakai Informasi Akuntansi oleh guru.
|
|||
→
|
Menyimak
|
||
Penjelasan pengantar kegiatan secara
garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai materi :
|
|||
Sejarah akuntansi, Pengertian
dan Manfaat akuntansi dan Pemakai Informasi Akuntansi
|
|||
untuk melatih rasa syukur,
kesungguhan dan kedisiplinan, ketelitian, mencari informasi.
|
|||
Problem
statemen (pertanyaan/ identifikasi masalah) |
CRITICAL THINKING
(BERPIKIR KRITIK)
|
||
Guru memberikan kesempatan pada peserta
didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan
dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar,
contohnya :
|
|||
→
|
Mengajukan pertanyaan tentang materi :
|
||
Sejarah akuntansi,
Pengertian dan Manfaat akuntansi dan Pemakai Informasi Akuntansi
|
|||
yang tidak dipahami dari apa yang
diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang
diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat
hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan
merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup
cerdas dan belajar sepanjang hayat.
|
|||
Data
collection (pengumpulan data) |
KEGIATAN LITERASI
|
||
Peserta didik mengumpulkan informasi
yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui
kegiatan:
|
|||
→
|
Mengamati
obyek/kejadian
|
||
Mengamati dengan seksama materi Sejarah
akuntansi, Pengertian dan Manfaat akuntansi dan Pemakai Informasi Akuntansi
yang sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang
disajikan dan mencoba menginterprestasikannya.
|
|||
→
|
Membaca sumber lain
selain buku teks
|
||
Secara disiplin melakukan kegiatan
literasi dengan mencari dan membaca berbagai referensi dari berbagai sumber
guna menambah pengetahuan dan pemahaman tentang materi Sejarah akuntansi,
Pengertian dan Manfaat akuntansi dan Pemakai Informasi Akuntansi yang sedang
dipelajari.
|
|||
→
|
Aktivitas
|
||
Menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal
yang belum dapat dipahami dari kegiatan mengmati dan membaca yang akan
diajukan kepada guru berkaitan dengan materi Sejarah akuntansi, Pengertian
dan Manfaat akuntansi dan Pemakai Informasi Akuntansi yang sedang dipelajari.
|
|||
→
|
Wawancara/tanya jawab
dengan nara sumber
|
||
Mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan
materi Sejarah akuntansi, Pengertian dan Manfaat akuntansi dan Pemakai
Informasi Akuntansi yang telah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru.
|
|||
COLLABORATION
(KERJASAMA)
|
|||
Peserta didik dibentuk dalam beberapa
kelompok untuk:
|
|||
→
|
Mendiskusikan
|
||
Peserta didik dan guru secara
bersama-sama membahas contoh dalam buku paket mengenai materi Sejarah
akuntansi, Pengertian dan Manfaat akuntansi dan Pemakai Informasi Akuntansi
|
|||
→
|
Mengumpulkan informasi
|
||
Mencatat semua informasi tentang materi
Sejarah akuntansi, Pengertian dan Manfaat akuntansi dan Pemakai Informasi Akuntansi
yang telah diperoleh pada buku catatan dengan tulisan yang rapi dan
menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
|
|||
→
|
Mempresentasikan ulang
|
||
Peserta didik mengkomunikasikan secara
lisan atau mempresentasikan materi dengan rasa percaya diri Sejarah
akuntansi, Pengertian dan Manfaat akuntansi dan Pemakai Informasi Akuntansi
sesuai dengan pemahamannya.
|
|||
→
|
Saling tukar informasi
tentang materi :
|
||
Sejarah akuntansi,
Pengertian dan Manfaat akuntansi dan Pemakai Informasi Akuntansi
|
|||
dengan ditanggapi aktif oleh peserta
didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang
dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan
metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar
kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur,
sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan
kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari,
mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
|
|||
Data
processing (pengolahan Data) |
COLLABORATION
(KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
|
||
Peserta didik dalam kelompoknya
berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara :
|
|||
→
|
Berdiskusi tentang data dari Materi :
|
||
Sejarah akuntansi,
Pengertian dan Manfaat akuntansi dan Pemakai Informasi Akuntansi
|
|||
→
|
Mengolah informasi dari materi Sejarah
akuntansi, Pengertian dan Manfaat akuntansi dan Pemakai Informasi Akuntansi
yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil
dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang
berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
|
||
→
|
Peserta didik mengerjakan beberapa soal
mengenai materi Sejarah akuntansi, Pengertian dan Manfaat akuntansi dan
Pemakai Informasi Akuntansi
|
||
Verification (pembuktian)
|
CRITICAL THINKING
(BERPIKIR KRITIK)
|
||
Peserta didik mendiskusikan hasil
pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori
pada buku sumber melalui kegiatan :
|
|||
→
|
Menambah keluasan dan kedalaman sampai
kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber
yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk
mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras,
kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif
dalam membuktikan tentang materi :
|
||
Sejarah akuntansi,
Pengertian dan Manfaat akuntansi dan Pemakai Informasi Akuntansi
|
|||
antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama
membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.
|
|||
Generalization (menarik kesimpulan)
|
COMMUNICATION
(BERKOMUNIKASI)
|
||
Peserta didik berdiskusi untuk
menyimpulkan
|
|||
→
|
Menyampaikan hasil diskusi tentang materi Sejarah akuntansi,
Pengertian dan Manfaat akuntansi dan Pemakai Informasi Akuntansi berupa
kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media
lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan
berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan.
|
||
→
|
Mempresentasikan hasil diskusi kelompok
secara klasikal tentang materi :
|
||
Sejarah akuntansi,
Pengertian dan Manfaat akuntansi dan Pemakai Informasi Akuntansi
|
|||
→
|
Mengemukakan pendapat
atas presentasi yang dilakukan tentanag materi Sejarah akuntansi, Pengertian dan Manfaat
akuntansi dan Pemakai Informasi Akuntansi dan ditanggapi oleh kelompok yang
mempresentasikan.
|
||
→
|
Bertanya atas presentasi tentang
materi Sejarah akuntansi, Pengertian
dan Manfaat akuntansi dan Pemakai Informasi Akuntansi yang dilakukan dan
peserta didik lain diberi kesempatan
untuk menjawabnya.
|
||
CREATIVITY
(KREATIVITAS)
|
|||
→
|
Menyimpulkan tentang point-point penting
yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa :
|
||
Laporan hasil pengamatan secara tertulis
tentang materi :
|
|||
Sejarah akuntansi,
Pengertian dan Manfaat akuntansi dan Pemakai Informasi Akuntansi
|
|||
→
|
Menjawab pertanyaan tentang materi Sejarah akuntansi, Pengertian dan Manfaat
akuntansi dan Pemakai Informasi Akuntansi yang terdapat pada buku pegangan
peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
|
||
→
|
Bertanya tentang hal yang belum
dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa berkaitan
dengan materi Sejarah akuntansi,
Pengertian dan Manfaat akuntansi dan Pemakai Informasi Akuntansi yang akan
selesai dipelajari
|
||
→
|
Menyelesaikan uji kompetensi untuk
materi Sejarah akuntansi, Pengertian
dan Manfaat akuntansi dan Pemakai Informasi Akuntansi yang terdapat pada buku
pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara
individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran.
|
||
Catatan : Selama
pembelajaran Sejarah akuntansi,
Pengertian dan Manfaat akuntansi dan Pemakai Informasi Akuntansi berlangsung,
guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap:
nasionalisme, disiplin, rasa percaya
diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin
tahu, peduli lingkungan
|
|||
Kegiatan Penutup (15
Menit)
|
|||
Peserta didik :
|
|||
●
|
Membuat resume (CREATIVITY) dengan
bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran tentang materi Sejarah
akuntansi, Pengertian dan Manfaat akuntansi dan Pemakai Informasi Akuntansi
yang baru dilakukan.
|
||
●
|
Mengagendakan pekerjaan rumah untuk
materi pelajaran Sejarah akuntansi,
Pengertian dan Manfaat akuntansi dan Pemakai Informasi Akuntansi yang baru
diselesaikan.
|
||
●
|
Mengagendakan materi atau tugas
projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus mempelajarai pada pertemuan
berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
|
||
Guru :
|
|||
●
|
Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi
pelajaran Sejarah akuntansi,
Pengertian dan Manfaat akuntansi dan Pemakai Informasi Akuntansi
|
||
●
|
Peserta didik yang selesai mengerjakan tugas
projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi
nomor urut peringkat, untuk penilaian
tugas
|
||
●
|
Memberikan penghargaan untuk materi
pelajaran Sejarah akuntansi,
Pengertian dan Manfaat akuntansi dan Pemakai Informasi Akuntansi kepada
kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
|
||
2.
|
Pertemuan Ke-2 (4 x 45
Menit)
|
||
Kegiatan Pendahuluan
(15 Menit)
|
|||
Guru :
|
|||
Orientasi
|
|||
●
|
Melakukan pembukaan dengan salam
pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan YME dan berdoa untuk
memulai pembelajaran
|
||
●
|
Memeriksa kehadiran peserta didik
sebagai sikap disiplin
|
||
●
|
Menyiapkan fisik dan psikis peserta
didik dalam mengawali kegiatan
pembelajaran.
|
||
Aperpepsi
|
|||
●
|
Mengaitkan materi/tema/kegiatan
pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan
materi/tema/kegiatan sebelumnya
|
||
●
|
Mengingatkan kembali materi prasyarat
dengan bertanya.
|
||
●
|
Mengajukan pertanyaan yang ada
keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
|
||
Motivasi
|
|||
●
|
Memberikan gambaran tentang manfaat
mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari.
|
||
●
|
Apabila materitema/projek ini
kerjakan dengan baik dan
sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat
menjelaskan tentang materi :
|
||
Karakteristik kualitas
informasi akuntansi dan Prinsip dasar akuntansi
|
|||
●
|
Menyampaikan tujuan pembelajaran pada
pertemuan yang berlangsung
|
||
●
|
Mengajukan pertanyaan
|
||
Pemberian Acuan
|
|||
●
|
Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada
pertemuan saat itu.
|
||
●
|
Memberitahukan tentang kompetensi inti,
kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung
|
||
●
|
Pembagian kelompok belajar
|
||
●
|
Menjelaskan mekanisme pelaksanaan
pengalaman belajar sesuai dengan
langkah-langkah pembelajaran.
|
||
Kegiatan Inti ( 150
Menit )
|
|||
Sintak Model
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
||
Stimulation
(stimullasi/ pemberian rangsangan) |
KEGIATAN LITERASI
|
||
Peserta didik diberi motivasi atau
rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik materi Karakteristik
kualitas informasi akuntansi dan Prinsip dasar akuntansi dengan cara :
|
|||
→
|
Melihat (tanpa atau dengan Alat)
|
||
Menayangkan gambar/foto/video yang
relevan.
|
|||
→
|
Mengamati
|
||
●
|
Lembar kerja materi Karakteristik
kualitas informasi akuntansi dan Prinsip dasar akuntansi
|
||
●
|
Pemberian contoh-contoh materi
Karakteristik kualitas informasi akuntansi dan Prinsip dasar akuntansi untuk
dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb
|
||
→
|
Membaca.
|
||
Kegiatan literasi ini dilakukan di rumah
dan di sekolah dengan membaca materi dari buku paket atau buku-buku penunjang
lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan Karakteristik kualitas
informasi akuntansi dan Prinsip dasar akuntansi
|
|||
→
|
Menulis
|
||
Menulis resume dari hasil pengamatan dan
bacaan terkait Karakteristik kualitas informasi akuntansi dan Prinsip dasar
akuntansi
|
|||
→
|
Mendengar
|
||
Pemberian materi Karakteristik kualitas
informasi akuntansi dan Prinsip dasar akuntansi oleh guru.
|
|||
→
|
Menyimak
|
||
Penjelasan pengantar kegiatan secara
garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai materi :
|
|||
Karakteristik kualitas
informasi akuntansi dan Prinsip dasar akuntansi
|
|||
untuk melatih rasa syukur,
kesungguhan dan kedisiplinan, ketelitian, mencari informasi.
|
|||
Problem
statemen (pertanyaan/ identifikasi masalah) |
CRITICAL THINKING
(BERPIKIR KRITIK)
|
||
Guru memberikan kesempatan pada peserta
didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan
dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar,
contohnya :
|
|||
→
|
Mengajukan pertanyaan tentang materi :
|
||
Karakteristik kualitas
informasi akuntansi dan Prinsip dasar akuntansi
|
|||
yang tidak dipahami dari apa yang
diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang
diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat
hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan
merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup
cerdas dan belajar sepanjang hayat.
|
|||
Data
collection (pengumpulan data) |
KEGIATAN LITERASI
|
||
Peserta didik mengumpulkan informasi
yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui
kegiatan:
|
|||
→
|
Mengamati
obyek/kejadian
|
||
Mengamati dengan seksama materi
Karakteristik kualitas informasi akuntansi dan Prinsip dasar akuntansi yang
sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan
dan mencoba menginterprestasikannya.
|
|||
→
|
Membaca sumber lain
selain buku teks
|
||
Secara disiplin melakukan kegiatan
literasi dengan mencari dan membaca berbagai referensi dari berbagai sumber
guna menambah pengetahuan dan pemahaman tentang materi Karakteristik kualitas
informasi akuntansi dan Prinsip dasar akuntansi yang sedang dipelajari.
|
|||
→
|
Aktivitas
|
||
Menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal
yang belum dapat dipahami dari kegiatan mengmati dan membaca yang akan
diajukan kepada guru berkaitan dengan materi Karakteristik kualitas informasi
akuntansi dan Prinsip dasar akuntansi yang sedang dipelajari.
|
|||
→
|
Wawancara/tanya jawab
dengan nara sumber
|
||
Mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan
materi Karakteristik kualitas informasi akuntansi dan Prinsip dasar akuntansi
yang telah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru.
|
|||
COLLABORATION (KERJASAMA)
|
|||
Peserta didik dibentuk dalam beberapa
kelompok untuk:
|
|||
→
|
Mendiskusikan
|
||
Peserta didik dan guru secara
bersama-sama membahas contoh dalam buku paket mengenai materi Karakteristik
kualitas informasi akuntansi dan Prinsip dasar akuntansi
|
|||
→
|
Mengumpulkan informasi
|
||
Mencatat semua informasi tentang materi
Karakteristik kualitas informasi akuntansi dan Prinsip dasar akuntansi yang
telah diperoleh pada buku catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan
bahasa Indonesia yang baik dan benar.
|
|||
→
|
Mempresentasikan ulang
|
||
Peserta didik mengkomunikasikan secara
lisan atau mempresentasikan materi dengan rasa percaya diri Karakteristik
kualitas informasi akuntansi dan Prinsip dasar akuntansi sesuai dengan
pemahamannya.
|
|||
→
|
Saling tukar informasi
tentang materi :
|
||
Karakteristik kualitas
informasi akuntansi dan Prinsip dasar akuntansi
|
|||
dengan ditanggapi aktif oleh peserta
didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang
dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan
metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar
kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur,
sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan
kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari,
mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
|
|||
Data
processing (pengolahan Data) |
COLLABORATION
(KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
|
||
Peserta didik dalam kelompoknya
berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara :
|
|||
→
|
Berdiskusi tentang data dari Materi :
|
||
Karakteristik kualitas
informasi akuntansi dan Prinsip dasar akuntansi
|
|||
→
|
Mengolah informasi dari materi
Karakteristik kualitas informasi akuntansi dan Prinsip dasar akuntansi yang
sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari
kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang
berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
|
||
→
|
Peserta didik mengerjakan beberapa soal
mengenai materi Karakteristik kualitas informasi akuntansi dan Prinsip dasar
akuntansi
|
||
Verification (pembuktian)
|
CRITICAL THINKING
(BERPIKIR KRITIK)
|
||
Peserta didik mendiskusikan hasil
pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau
teori pada buku sumber melalui kegiatan :
|
|||
→
|
Menambah keluasan dan kedalaman sampai
kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber
yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk
mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras,
kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif
dalam membuktikan tentang materi :
|
||
Karakteristik kualitas
informasi akuntansi dan Prinsip dasar akuntansi
|
|||
antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama
membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.
|
|||
Generalization (menarik kesimpulan)
|
COMMUNICATION
(BERKOMUNIKASI)
|
||
Peserta didik berdiskusi untuk
menyimpulkan
|
|||
→
|
Menyampaikan hasil diskusi tentang materi Karakteristik kualitas
informasi akuntansi dan Prinsip dasar akuntansi berupa kesimpulan berdasarkan
hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan
sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan
pendapat dengan sopan.
|
||
→
|
Mempresentasikan hasil diskusi kelompok
secara klasikal tentang materi :
|
||
Karakteristik kualitas
informasi akuntansi dan Prinsip dasar akuntansi
|
|||
→
|
Mengemukakan pendapat
atas presentasi yang dilakukan tentanag materi Karakteristik kualitas informasi akuntansi
dan Prinsip dasar akuntansi dan ditanggapi oleh kelompok yang
mempresentasikan.
|
||
→
|
Bertanya atas presentasi tentang
materi Karakteristik kualitas
informasi akuntansi dan Prinsip dasar akuntansi yang dilakukan dan peserta
didik lain diberi kesempatan untuk
menjawabnya.
|
||
CREATIVITY
(KREATIVITAS)
|
|||
→
|
Menyimpulkan tentang point-point penting
yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa :
|
||
Laporan hasil pengamatan secara tertulis
tentang materi :
|
|||
Karakteristik kualitas
informasi akuntansi dan Prinsip dasar akuntansi
|
|||
→
|
Menjawab pertanyaan tentang materi Karakteristik kualitas informasi akuntansi
dan Prinsip dasar akuntansi yang terdapat pada buku pegangan peserta didik
atau lembar kerja yang telah disediakan.
|
||
→
|
Bertanya tentang hal yang belum
dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa berkaitan
dengan materi Karakteristik kualitas
informasi akuntansi dan Prinsip dasar akuntansi yang akan selesai dipelajari
|
||
→
|
Menyelesaikan uji kompetensi untuk
materi Karakteristik kualitas
informasi akuntansi dan Prinsip dasar akuntansi yang terdapat pada buku
pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara
individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran.
|
||
Catatan : Selama
pembelajaran Karakteristik kualitas
informasi akuntansi dan Prinsip dasar akuntansi berlangsung, guru mengamati
sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: nasionalisme, disiplin, rasa percaya diri, berperilaku
jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli
lingkungan
|
|||
Kegiatan Penutup (15
Menit)
|
|||
Peserta didik :
|
|||
●
|
Membuat resume (CREATIVITY) dengan
bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran tentang materi
Karakteristik kualitas informasi akuntansi dan Prinsip dasar akuntansi
yang baru dilakukan.
|
||
●
|
Mengagendakan pekerjaan rumah untuk
materi pelajaran Karakteristik
kualitas informasi akuntansi dan Prinsip dasar akuntansi yang baru
diselesaikan.
|
||
●
|
Mengagendakan materi atau tugas
projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus mempelajarai pada pertemuan
berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
|
||
Guru :
|
|||
●
|
Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi
pelajaran Karakteristik kualitas
informasi akuntansi dan Prinsip dasar akuntansi
|
||
●
|
Peserta didik yang selesai mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk
kerja dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian tugas
|
||
●
|
Memberikan penghargaan untuk materi
pelajaran Karakteristik kualitas
informasi akuntansi dan Prinsip dasar akuntansi kepada kelompok yang memiliki
kinerja dan kerjasama yang baik.
|
||
3.
|
Pertemuan Ke-3 (4 x 45
Menit)
|
||
Kegiatan Pendahuluan
(15 Menit)
|
|||
Guru :
|
|||
Orientasi
|
|||
●
|
Melakukan pembukaan dengan salam
pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan YME dan berdoa untuk
memulai pembelajaran
|
||
●
|
Memeriksa kehadiran peserta didik
sebagai sikap disiplin
|
||
●
|
Menyiapkan fisik dan psikis peserta
didik dalam mengawali kegiatan
pembelajaran.
|
||
Aperpepsi
|
|||
●
|
Mengaitkan materi/tema/kegiatan
pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan
materi/tema/kegiatan sebelumnya
|
||
●
|
Mengingatkan kembali materi prasyarat
dengan bertanya.
|
||
●
|
Mengajukan pertanyaan yang ada
keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
|
||
Motivasi
|
|||
●
|
Memberikan gambaran tentang manfaat
mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari.
|
||
●
|
Apabila materitema/projek ini
kerjakan dengan baik dan
sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat
menjelaskan tentang materi :
|
||
Bidang-bidang
akuntansi dan Profesi akuntan
|
|||
●
|
Menyampaikan tujuan pembelajaran pada
pertemuan yang berlangsung
|
||
●
|
Mengajukan pertanyaan
|
||
Pemberian Acuan
|
|||
●
|
Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada
pertemuan saat itu.
|
||
●
|
Memberitahukan tentang kompetensi inti,
kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung
|
||
●
|
Pembagian kelompok belajar
|
||
●
|
Menjelaskan mekanisme pelaksanaan
pengalaman belajar sesuai dengan
langkah-langkah pembelajaran.
|
||
Kegiatan Inti ( 150
Menit )
|
|||
Sintak Model
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
||
Stimulation
(stimullasi/ pemberian rangsangan) |
KEGIATAN LITERASI
|
||
Peserta didik diberi motivasi atau
rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik materi Bidang-bidang
akuntansi dan Profesi akuntan dengan cara :
|
|||
→
|
Melihat (tanpa atau dengan Alat)
|
||
Menayangkan gambar/foto/video yang
relevan.
|
|||
→
|
Mengamati
|
||
●
|
Lembar kerja materi Bidang-bidang
akuntansi dan Profesi akuntan
|
||
●
|
Pemberian contoh-contoh materi
Bidang-bidang akuntansi dan Profesi akuntan untuk dapat dikembangkan peserta
didik, dari media interaktif, dsb
|
||
→
|
Membaca.
|
||
Kegiatan literasi ini dilakukan di rumah
dan di sekolah dengan membaca materi dari buku paket atau buku-buku penunjang
lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan Bidang-bidang akuntansi
dan Profesi akuntan
|
|||
→
|
Menulis
|
||
Menulis resume dari hasil pengamatan dan
bacaan terkait Bidang-bidang akuntansi dan Profesi akuntan
|
|||
→
|
Mendengar
|
||
Pemberian materi Bidang-bidang akuntansi
dan Profesi akuntan oleh guru.
|
|||
→
|
Menyimak
|
||
Penjelasan pengantar kegiatan secara
garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai materi :
|
|||
Bidang-bidang
akuntansi dan Profesi akuntan
|
|||
untuk melatih rasa syukur,
kesungguhan dan kedisiplinan, ketelitian, mencari informasi.
|
|||
Problem
statemen (pertanyaan/ identifikasi masalah) |
CRITICAL THINKING
(BERPIKIR KRITIK)
|
||
Guru memberikan kesempatan pada peserta
didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan
dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya
:
|
|||
→
|
Mengajukan pertanyaan tentang materi :
|
||
Bidang-bidang
akuntansi dan Profesi akuntan
|
|||
yang tidak dipahami dari apa yang
diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang
diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat
hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan
merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup
cerdas dan belajar sepanjang hayat.
|
|||
Data
collection (pengumpulan data) |
KEGIATAN LITERASI
|
||
Peserta didik mengumpulkan informasi
yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui
kegiatan:
|
|||
→
|
Mengamati
obyek/kejadian
|
||
Mengamati dengan seksama materi
Bidang-bidang akuntansi dan Profesi akuntan yang sedang dipelajari dalam
bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba
menginterprestasikannya.
|
|||
→
|
Membaca sumber lain
selain buku teks
|
||
Secara disiplin melakukan kegiatan
literasi dengan mencari dan membaca berbagai referensi dari berbagai sumber
guna menambah pengetahuan dan pemahaman tentang materi Bidang-bidang
akuntansi dan Profesi akuntan yang sedang dipelajari.
|
|||
→
|
Aktivitas
|
||
Menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal
yang belum dapat dipahami dari kegiatan mengmati dan membaca yang akan
diajukan kepada guru berkaitan dengan materi Bidang-bidang akuntansi dan
Profesi akuntan yang sedang dipelajari.
|
|||
→
|
Wawancara/tanya jawab
dengan nara sumber
|
||
Mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan
materi Bidang-bidang akuntansi dan Profesi akuntan yang telah disusun dalam
daftar pertanyaan kepada guru.
|
|||
COLLABORATION
(KERJASAMA)
|
|||
Peserta didik dibentuk dalam beberapa
kelompok untuk:
|
|||
→
|
Mendiskusikan
|
||
Peserta didik dan guru secara
bersama-sama membahas contoh dalam buku paket mengenai materi Bidang-bidang
akuntansi dan Profesi akuntan
|
|||
→
|
Mengumpulkan informasi
|
||
Mencatat semua informasi tentang materi
Bidang-bidang akuntansi dan Profesi akuntan yang telah diperoleh pada buku
catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik
dan benar.
|
|||
→
|
Mempresentasikan ulang
|
||
Peserta didik mengkomunikasikan secara
lisan atau mempresentasikan materi dengan rasa percaya diri Bidang-bidang
akuntansi dan Profesi akuntan sesuai dengan pemahamannya.
|
|||
→
|
Saling tukar informasi
tentang materi :
|
||
Bidang-bidang
akuntansi dan Profesi akuntan
|
|||
dengan ditanggapi aktif oleh peserta
didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang
dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan
metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar
kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur,
sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan
kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari,
mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
|
|||
Data
processing (pengolahan Data) |
COLLABORATION
(KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
|
||
Peserta didik dalam kelompoknya
berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara :
|
|||
→
|
Berdiskusi tentang data dari Materi :
|
||
Bidang-bidang
akuntansi dan Profesi akuntan
|
|||
→
|
Mengolah informasi dari materi
Bidang-bidang akuntansi dan Profesi akuntan yang sudah dikumpulkan dari hasil
kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan
kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan
pada lembar kerja.
|
||
→
|
Peserta didik mengerjakan beberapa soal
mengenai materi Bidang-bidang akuntansi dan Profesi akuntan
|
||
Verification (pembuktian)
|
CRITICAL THINKING
(BERPIKIR KRITIK)
|
||
Peserta didik mendiskusikan hasil
pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau
teori pada buku sumber melalui kegiatan :
|
|||
→
|
Menambah keluasan dan kedalaman sampai
kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber
yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk
mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras,
kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif
dalam membuktikan tentang materi :
|
||
Bidang-bidang
akuntansi dan Profesi akuntan
|
|||
antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama
membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.
|
|||
Generalization (menarik kesimpulan)
|
COMMUNICATION
(BERKOMUNIKASI)
|
||
Peserta didik berdiskusi untuk
menyimpulkan
|
|||
→
|
Menyampaikan hasil diskusi tentang materi Bidang-bidang akuntansi dan
Profesi akuntan berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan,
tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi,
kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan.
|
||
→
|
Mempresentasikan hasil diskusi kelompok
secara klasikal tentang materi :
|
||
Bidang-bidang
akuntansi dan Profesi akuntan
|
|||
→
|
Mengemukakan pendapat
atas presentasi yang dilakukan tentanag materi Bidang-bidang akuntansi dan Profesi akuntan
dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan.
|
||
→
|
Bertanya atas presentasi tentang
materi Bidang-bidang akuntansi dan
Profesi akuntan yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.
|
||
CREATIVITY
(KREATIVITAS)
|
|||
→
|
Menyimpulkan tentang point-point penting
yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa :
|
||
Laporan hasil pengamatan secara tertulis
tentang materi :
|
|||
Bidang-bidang
akuntansi dan Profesi akuntan
|
|||
→
|
Menjawab pertanyaan tentang materi Bidang-bidang akuntansi dan Profesi akuntan
yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah
disediakan.
|
||
→
|
Bertanya tentang hal yang belum
dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa berkaitan
dengan materi Bidang-bidang akuntansi
dan Profesi akuntan yang akan selesai dipelajari
|
||
→
|
Menyelesaikan uji kompetensi untuk
materi Bidang-bidang akuntansi dan
Profesi akuntan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada
lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan
siswa terhadap materi pelajaran.
|
||
Catatan : Selama
pembelajaran Bidang-bidang akuntansi
dan Profesi akuntan berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam
pembelajaran yang meliputi sikap: nasionalisme, disiplin, rasa percaya diri, berperilaku
jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli
lingkungan
|
|||
Kegiatan Penutup (15
Menit)
|
|||
Peserta didik :
|
|||
●
|
Membuat resume (CREATIVITY) dengan
bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran tentang materi
Bidang-bidang akuntansi dan Profesi akuntan yang baru dilakukan.
|
||
●
|
Mengagendakan pekerjaan rumah untuk
materi pelajaran Bidang-bidang
akuntansi dan Profesi akuntan yang baru diselesaikan.
|
||
●
|
Mengagendakan materi atau tugas
projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus mempelajarai pada pertemuan
berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
|
||
Guru :
|
|||
●
|
Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi
pelajaran Bidang-bidang akuntansi dan
Profesi akuntan
|
||
●
|
Peserta didik yang selesai mengerjakan tugas
projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi
nomor urut peringkat, untuk penilaian
tugas
|
||
●
|
Memberikan penghargaan untuk materi
pelajaran Bidang-bidang akuntansi dan
Profesi akuntan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang
baik.
|
||
4.
|
Pertemuan Ke-4 (4 x 45
Menit)
|
||
Kegiatan Pendahuluan
(15 Menit)
|
|||
Guru :
|
|||
Orientasi
|
|||
●
|
Melakukan pembukaan dengan salam
pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan YME dan berdoa untuk
memulai pembelajaran
|
||
●
|
Memeriksa kehadiran peserta didik
sebagai sikap disiplin
|
||
●
|
Menyiapkan fisik dan psikis peserta
didik dalam mengawali kegiatan
pembelajaran.
|
||
Aperpepsi
|
|||
●
|
Mengaitkan materi/tema/kegiatan
pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan
materi/tema/kegiatan sebelumnya
|
||
●
|
Mengingatkan kembali materi prasyarat
dengan bertanya.
|
||
●
|
Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya
dengan pelajaran yang akan dilakukan.
|
||
Motivasi
|
|||
●
|
Memberikan gambaran tentang manfaat
mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari.
|
||
●
|
Apabila materitema/projek ini
kerjakan dengan baik dan
sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat
menjelaskan tentang materi :
|
||
Etika profesi akuntan
|
|||
●
|
Menyampaikan tujuan pembelajaran pada
pertemuan yang berlangsung
|
||
●
|
Mengajukan pertanyaan
|
||
Pemberian Acuan
|
|||
●
|
Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada
pertemuan saat itu.
|
||
●
|
Memberitahukan tentang kompetensi inti,
kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung
|
||
●
|
Pembagian kelompok belajar
|
||
●
|
Menjelaskan mekanisme pelaksanaan
pengalaman belajar sesuai dengan
langkah-langkah pembelajaran.
|
||
Kegiatan Inti ( 150
Menit )
|
|||
Sintak Model
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
||
Stimulation
(stimullasi/ pemberian rangsangan) |
KEGIATAN LITERASI
|
||
Peserta didik diberi motivasi atau
rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik materi Etika profesi akuntan
dengan cara :
|
|||
→
|
Melihat (tanpa atau dengan Alat)
|
||
Menayangkan gambar/foto/video yang
relevan.
|
|||
→
|
Mengamati
|
||
●
|
Lembar kerja materi Etika profesi
akuntan
|
||
●
|
Pemberian contoh-contoh materi Etika
profesi akuntan untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media
interaktif, dsb
|
||
→
|
Membaca.
|
||
Kegiatan literasi ini dilakukan di rumah
dan di sekolah dengan membaca materi dari buku paket atau buku-buku penunjang
lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan Etika profesi akuntan
|
|||
→
|
Menulis
|
||
Menulis resume dari hasil pengamatan dan
bacaan terkait Etika profesi akuntan
|
|||
→
|
Mendengar
|
||
Pemberian materi Etika profesi akuntan
oleh guru.
|
|||
→
|
Menyimak
|
||
Penjelasan pengantar kegiatan secara
garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai materi :
|
|||
Etika profesi akuntan
|
|||
untuk melatih rasa syukur,
kesungguhan dan kedisiplinan, ketelitian, mencari informasi.
|
|||
Problem
statemen (pertanyaan/ identifikasi masalah) |
CRITICAL THINKING
(BERPIKIR KRITIK)
|
||
Guru memberikan kesempatan pada peserta
didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan
dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar,
contohnya :
|
|||
→
|
Mengajukan pertanyaan tentang materi :
|
||
Etika profesi akuntan
|
|||
yang tidak dipahami dari apa yang
diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang
diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat
hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan
merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup
cerdas dan belajar sepanjang hayat.
|
|||
Data
collection (pengumpulan data) |
KEGIATAN LITERASI
|
||
Peserta didik mengumpulkan informasi
yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui
kegiatan:
|
|||
→
|
Mengamati
obyek/kejadian
|
||
Mengamati dengan seksama materi Etika
profesi akuntan yang sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide
presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya.
|
|||
→
|
Membaca sumber lain
selain buku teks
|
||
Secara disiplin melakukan kegiatan
literasi dengan mencari dan membaca berbagai referensi dari berbagai sumber
guna menambah pengetahuan dan pemahaman tentang materi Etika profesi akuntan
yang sedang dipelajari.
|
|||
→
|
Aktivitas
|
||
Menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal
yang belum dapat dipahami dari kegiatan mengmati dan membaca yang akan
diajukan kepada guru berkaitan dengan materi Etika profesi akuntan yang
sedang dipelajari.
|
|||
→
|
Wawancara/tanya jawab
dengan nara sumber
|
||
Mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan
materi Etika profesi akuntan yang telah disusun dalam daftar pertanyaan
kepada guru.
|
|||
COLLABORATION
(KERJASAMA)
|
|||
Peserta didik dibentuk dalam beberapa
kelompok untuk:
|
|||
→
|
Mendiskusikan
|
||
Peserta didik dan guru secara
bersama-sama membahas contoh dalam buku paket mengenai materi Etika profesi
akuntan
|
|||
→
|
Mengumpulkan informasi
|
||
Mencatat semua informasi tentang materi
Etika profesi akuntan yang telah diperoleh pada buku catatan dengan tulisan
yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
|
|||
→
|
Mempresentasikan ulang
|
||
Peserta didik mengkomunikasikan secara
lisan atau mempresentasikan materi dengan rasa percaya diri Etika profesi
akuntan sesuai dengan pemahamannya.
|
|||
→
|
Saling tukar informasi
tentang materi :
|
||
Etika profesi akuntan
|
|||
dengan ditanggapi aktif oleh peserta
didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang
dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan
metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar
kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur,
sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan
kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari,
mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
|
|||
Data
processing (pengolahan Data) |
COLLABORATION
(KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
|
||
Peserta didik dalam kelompoknya
berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara :
|
|||
→
|
Berdiskusi tentang data dari Materi :
|
||
Etika profesi akuntan
|
|||
→
|
Mengolah informasi dari materi Etika
profesi akuntan yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan
sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan
informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada
lembar kerja.
|
||
→
|
Peserta didik mengerjakan beberapa soal
mengenai materi Etika profesi akuntan
|
||
Verification (pembuktian)
|
CRITICAL THINKING
(BERPIKIR KRITIK)
|
||
Peserta didik mendiskusikan hasil
pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau
teori pada buku sumber melalui kegiatan :
|
|||
→
|
Menambah keluasan dan kedalaman sampai
kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber
yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk
mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras,
kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif
dalam membuktikan tentang materi :
|
||
Etika profesi akuntan
|
|||
antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama
membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.
|
|||
Generalization (menarik kesimpulan)
|
COMMUNICATION
(BERKOMUNIKASI)
|
||
Peserta didik berdiskusi untuk
menyimpulkan
|
|||
→
|
Menyampaikan hasil diskusi tentang materi Etika profesi akuntan berupa
kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media
lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan
berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan.
|
||
→
|
Mempresentasikan hasil diskusi kelompok
secara klasikal tentang materi :
|
||
Etika profesi akuntan
|
|||
→
|
Mengemukakan pendapat
atas presentasi yang dilakukan tentanag materi Etika profesi akuntan dan ditanggapi oleh
kelompok yang mempresentasikan.
|
||
→
|
Bertanya atas presentasi tentang
materi Etika profesi akuntan yang
dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.
|
||
CREATIVITY
(KREATIVITAS)
|
|||
→
|
Menyimpulkan tentang point-point penting
yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa :
|
||
Laporan hasil pengamatan secara tertulis
tentang materi :
|
|||
Etika profesi akuntan
|
|||
→
|
Menjawab pertanyaan tentang materi Etika profesi akuntan yang terdapat pada
buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
|
||
→
|
Bertanya tentang hal yang belum
dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa berkaitan
dengan materi Etika profesi akuntan
yang akan selesai dipelajari
|
||
→
|
Menyelesaikan uji kompetensi untuk
materi Etika profesi akuntan yang
terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah
disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi
pelajaran.
|
||
Catatan : Selama
pembelajaran Etika profesi akuntan
berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi
sikap: nasionalisme, disiplin, rasa
percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab,
rasa ingin tahu, peduli lingkungan
|
|||
Kegiatan Penutup (15
Menit)
|
|||
Peserta didik :
|
|||
●
|
Membuat resume (CREATIVITY) dengan
bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran tentang materi Etika
profesi akuntan yang baru dilakukan.
|
||
●
|
Mengagendakan pekerjaan rumah untuk
materi pelajaran Etika profesi akuntan
yang baru diselesaikan.
|
||
●
|
Mengagendakan materi atau tugas
projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus mempelajarai pada pertemuan
berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
|
||
Guru :
|
|||
●
|
Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi
pelajaran Etika profesi akuntan
|
||
●
|
Peserta didik yang selesai mengerjakan tugas
projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi
nomor urut peringkat, untuk penilaian
tugas
|
||
●
|
Memberikan penghargaan untuk materi
pelajaran Etika profesi akuntan kepada
kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
|
I.
Penilaian Hasil Pembelajaran
1.
Teknik Penilaian (terlampir)
a.
Sikap
-
Penilaian Observasi
Penilaian observasi
berdasarkan pengamatan sikap dan perilaku peserta didik sehari-hari, baik
terkait dalam proses pembelajaran maupun secara umum. Pengamatan langsung
dilakukan oleh guru. Berikut contoh instrumen penilaian sikap
No
|
Nama Siswa
|
Aspek Perilaku yang Dinilai
|
Jumlah Skor
|
Skor Sikap
|
Kode Nilai
|
|||
BS
|
JJ
|
TJ
|
DS
|
|||||
1
|
Soenarto
|
75
|
75
|
50
|
75
|
275
|
68,75
|
C
|
2
|
...
|
...
|
...
|
...
|
...
|
...
|
...
|
Keterangan :
• BS : Bekerja Sama
• JJ : Jujur
• TJ : Tanggun Jawab
• DS : Disiplin
Catatan
:
1. Aspek perilaku dinilai dengan kriteria:
100 = Sangat Baik
75 = Baik
50 = Cukup
25 = Kurang
2. Skor maksimal = jumlah sikap yang dinilai
dikalikan jumlah kriteria = 100 x 4 = 400
3. Skor sikap = jumlah skor dibagi jumlah sikap
yang dinilai = 275 : 4 = 68,75
4. Kode nilai / predikat :
75,01 – 100,00 = Sangat Baik (SB)
50,01 – 75,00 = Baik (B)
25,01 – 50,00 = Cukup (C)
00,00 – 25,00 =
Kurang (K)
5. Format di atas dapat diubah sesuai dengan
aspek perilaku yang ingin dinilai
-
Penilaian Diri
Seiring dengan
bergesernya pusat pembelajaran dari guru kepada peserta didik, maka peserta
didik diberikan kesempatan untuk menilai kemampuan dirinya sendiri. Namun agar
penilaian tetap bersifat objektif, maka guru hendaknya menjelaskan terlebih
dahulu tujuan dari penilaian diri ini, menentukan kompetensi yang akan dinilai,
kemudian menentukan kriteria penilaian yang akan digunakan, dan merumuskan
format penilaiannya Jadi, singkatnya format penilaiannya disiapkan oleh guru
terlebih dahulu.
Berikut Contoh format penilaian :
No
|
Pernyataan
|
Ya
|
Tidak
|
Jumlah Skor
|
Skor Sikap
|
Kode Nilai
|
1
|
Selama diskusi,
saya ikut serta mengusulkan ide/gagasan.
|
50
|
250
|
62,50
|
C
|
|
2
|
Ketika kami
berdiskusi, setiap anggota mendapatkan kesempatan untuk berbicara.
|
50
|
||||
3
|
Saya ikut serta
dalam membuat kesimpulan hasil diskusi kelompok.
|
50
|
||||
4
|
...
|
100
|
Catatan :
1. Skor penilaian Ya = 100 dan Tidak = 50
2. Skor maksimal = jumlah pernyataan dikalikan
jumlah kriteria = 4 x 100 = 400
3. Skor sikap = (jumlah skor dibagi skor maksimal
dikali 100) = (250 : 400) x 100 = 62,50
4. Kode nilai / predikat :
75,01 – 100,00 = Sangat Baik (SB)
50,01 – 75,00 = Baik (B)
25,01 – 50,00 = Cukup (C)
00,00 – 25,00 =
Kurang (K)
5. Format di atas dapat juga digunakan untuk
menilai kompetensi pengetahuan dan keterampilan
-
Penilaian Teman Sebaya
Penilaian ini dilakukan
dengan meminta peserta didik untuk menilai temannya sendiri. Sama halnya dengan
penilaian hendaknya guru telah menjelaskan maksud dan tujuan penilaian, membuat
kriteria penilaian, dan juga menentukan format penilaiannya. Berikut Contoh
format penilaian teman sebaya :
Nama yang diamati : ...
Pengamat : ...
No
|
Pernyataan
|
Ya
|
Tidak
|
Jumlah Skor
|
Skor Sikap
|
Kode Nilai
|
1
|
Mau menerima
pendapat teman.
|
100
|
450
|
90,00
|
SB
|
|
2
|
Memberikan solusi
terhadap permasalahan.
|
100
|
||||
3
|
Memaksakan pendapat
sendiri kepada anggota kelompok.
|
100
|
||||
4
|
Marah saat diberi
kritik.
|
100
|
||||
5
|
...
|
50
|
Catatan :
1. Skor penilaian Ya = 100 dan Tidak = 50 untuk
pernyataan yang positif, sedangkan untuk pernyataan yang negatif, Ya = 50 dan
Tidak = 100
2. Skor maksimal = jumlah pernyataan dikalikan
jumlah kriteria = 5 x 100 = 500
3. Skor sikap = (jumlah skor dibagi skor maksimal
dikali 100) = (450 : 500) x 100 = 90,00
4. Kode nilai / predikat :
75,01 – 100,00 = Sangat Baik (SB)
50,01 – 75,00 = Baik (B)
25,01 – 50,00 = Cukup (C)
00,00 – 25,00 =
Kurang (K)
-
Penilaian Jurnal (Lihat lampiran)
b.
Pengetahuan
-
Tertulis Uraian dan atau Pilihan Ganda (Lihat lampiran)
-
Tes
Lisan/Observasi Terhadap Diskusi, Tanya Jawab dan Percakapan
Praktek Monolog atau Dialog
Penilaian
Aspek Percakapan
No
|
Aspek
yang Dinilai
|
Skala
|
Jumlah
Skor
|
Skor
Sikap
|
Kode
Nilai
|
|||
25
|
50
|
75
|
100
|
|||||
1
|
Intonasi
|
|||||||
2
|
Pelafalan
|
|||||||
3
|
Kelancaran
|
|||||||
4
|
Ekspresi
|
|||||||
5
|
Penampilan
|
|||||||
6
|
Gestur
|
-
Penugasan
(Lihat Lampiran)
Tugas Rumah
a. Peserta didik menjawab pertanyaan
yang terdapat pada buku peserta didik
b. Peserta didik memnta tanda tangan
orangtua sebagai bukti bahwa mereka telah mengerjakan tugas rumah dengan baik
c. Peserta didik mengumpulkan jawaban
dari tugas rumah yang telah dikerjakan untuk mendapatkan penilaian.
c.
Keterampilan
-
Penilaian Unjuk Kerja
Contoh instrumen
penilaian unjuk kerja dapat dilihat pada instrumen penilaian ujian keterampilan
berbicara sebagai berikut:
Instrumen
Penilaian
No
|
Aspek
yang Dinilai
|
Sangat
Baik
(100)
|
Baik
(75)
|
Kurang
Baik
(50)
|
Tidak
Baik
(25)
|
1
|
Kesesuaian respon dengan pertanyaan
|
||||
2
|
Keserasian pemilihan kata
|
||||
3
|
Kesesuaian penggunaan tata bahasa
|
||||
4
|
Pelafalan
|
Kriteria
penilaian (skor)
100 = Sangat Baik
75 = Baik
50 = Kurang Baik
25 = Tidak Baik
Cara mencari nilai (N) = Jumalah skor yang
diperoleh siswa dibagi jumlah skor maksimal dikali skor ideal (100)
Instrumen
Penilaian Diskusi
No
|
Aspek
yang Dinilai
|
100
|
75
|
50
|
25
|
1
|
Penguasaan materi diskusi
|
||||
2
|
Kemampuan menjawab pertanyaan
|
||||
3
|
Kemampuan mengolah kata
|
||||
4
|
Kemampuan menyelesaikan masalah
|
Keterangan :
100 = Sangat Baik
75 = Baik
50 = Kurang Baik
25 = Tidak Baik
-
Penilaian Proyek (Lihat
Lampiran)
-
Penilaian Produk (Lihat Lampiran)
-
Penilaian Portofolio
Kumpulan semua tugas
yang sudah dikerjakan peserta didik, seperti catatan, PR, dll
Instrumen Penilain
No
|
Aspek
yang Dinilai
|
100
|
75
|
50
|
25
|
1
|
|||||
2
|
|||||
3
|
|||||
4
|
2.
Instrumen Penilaian
(terlampir)
a.
Pertemuan Pertama
b.
Pertemuan Kedua
c.
Pertemuan Ketiga
3.
Pembelajaran Remedial dan
Pengayaan
a.
Remedial
Bagi peserta didik yang belum memenuhi kriteria
ketuntasan minimal (KKM), maka guru bisa memberikan soal tambahan misalnya
sebagai berikut :
1)
Jelaskan tentang Sistem Pembagian Kekuasaan
Negara!
2)
Jelaskan tentang Kedudukan dan Fungsi
Kementerian Negara Republik Indonesia dan Lembaga Pemerintah Non Kementerian!
3)
Jelaskan tentang Nilai-nilai Pancasila dalam
Penyelenggaraan pemerintahan!
CONTOH PROGRAM REMIDI
Sekolah : ……………………………………………..
Kelas/Semester : ……………………………………………..
Mata Pelajaran : ……………………………………………..
Ulangan Harian Ke : ……………………………………………..
Tanggal Ulangan Harian : ……………………………………………..
Bentuk Ulangan Harian : ……………………………………………..
Materi Ulangan Harian : ……………………………………………..
(KD / Indikator) : ……………………………………………..
KKM : ……………………………………………..
No
|
Nama Peserta Didik
|
Nilai Ulangan
|
Indikator yang Belum Dikuasai
|
Bentuk Tindakan Remedial
|
Nilai Setelah Remedial
|
Keterangan
|
1
|
||||||
2
|
||||||
3
|
||||||
4
|
||||||
5
|
||||||
6
|
||||||
7
|
||||||
8
|
||||||
9
|
||||||
10
|
||||||
11
|
||||||
12
|
||||||
13
|
||||||
14
|
||||||
15
|
||||||
16
|
||||||
17
|
||||||
18
|
||||||
19
|
||||||
dst
|
b.
Pengayaan
Guru memberikan nasihat agar tetap rendah hati, karena
telah mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru memberikan soal
pengayaan sebagai berikut :
1) Membaca
buku-buku tentang Nilai-nilai Pancasila dalam kerangka praktik penyelenggaraan
pemerintahan Negara yang relevan.
2) Mencari
informasi secara online tentang Nilai-nilai Pancasila dalam kerangka praktik
penyelenggaraan pemerintahan Negara
3) Membaca
surat kabar, majalah, serta berita online tentang Nilai-nilai Pancasila dalam
kerangka praktik penyelenggaraan pemerintahan Negara
4) Mengamati
langsung tentang Nilai-nilai Pancasila dalam kerangka praktik penyelenggaraan
pemerintahan Negara yang ada di lingkungan sekitar.
Palembang
, Juli 2018
Mengetahui
Kepala
Sekolah Guru
Mata Pelajaran
Sumin Eksan , S.Pd. M.M Andri Wahyono , S.Pd
NIP 19721013 1998 02 1001 NIP
19730428 2008 01 1003
Catatan
Kepala Sekolah
...........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
Tidak ada komentar:
Posting Komentar