Minggu, 12 April 2020

Implementasi Era Digital Dalam Pembelajarann

Oleh : Andri Wahyono
( Tenaga Pendidik di SMA Negeri 5 Palembang )


Internet merupakan hal yang tidak akan lepas mengikuti perkembangan kemajuan jaman. Penggunaan internet secara luas diperkuat dengan gerakan Era Industri  4.0. Semua manusia seakan “dipaksa” agar memahami dan mampu mengoperasikan pemakaian internet dalam kehidupan sehari-hari.
Namun bagai dua mata pisau begitupun dengan kemajuan beragam teknologi termasuk penggunaan internet. Internet mampu membantu menyerhanakan pekerjaan manusia hingga meminimalisasi penggunaan alat-alat sehingga lebih mudah. Informasi yang tersebar akan secara cepat ditangkap dari seluruh penjuru dunia dan ini juga mampu membuat sebuah pekerjaan lebih efisien secara waktu dan tenaga. Hal yang telah disebutkan merupakan  dampak postif dari penggunaan internet dalam membantu kehidupan manusia.

Namun internet juga menimbulkan tidak sedikit hal yang berbau negatif dan merugikan. Internet bisa  menyebarkan hal-hal negatif terkait pornografi hingga provokasi lewat berita dan gambar serta konten-kontennya. Dampak besar terhadap sisi negatif dari penggunaan internet bahkan mampu “membunuh” sebuah generasi bangsa.  Tentu hal tersebut harus segera dihindari

Penggunaan internet secara bijak yang mengedepankan hal-hal positif juga dilaksanakan di sekolah. Pemanfaatan internet sebagai sumber belajar dimaksimalkan di sekolah. Penulis sebagai guru memberikan arahan terhadap peserta didik diantaranya mendownload buku-buku elektronik yang sudah banyak di internet. Dengan adanya buku elektronik maka peserta didik bisa kapan saja belajar  melalui HP yang lebih kecil ukuranya dari buku sehingga bisa dibawa kemana-mana.
Upaya untuk menimplementasikan Era Industri 4.0 dalam kegitan belajar mengajar pada satuan pendidikan dilakukan mulai dari mensosialisasikan bagaimana cara berinteraksi di dunia maya , bagimana seorang guru melakukan upaya untuk mengajak peserta didik menggunakn internet secara positip, memberikan materi pelajaran dengan mencari sumber sumber belajar yang jelas.
Penulis adalah seorang tenaga pendidk di SMA Negeri 5 Palembang pada mata pelajaran Ekonomi dan mendapat amanat tugas tambahan  sebagai Wakil Kepala Sekolah Urusan Kurikulum. Dalam proses pembelajaran , penulis selalu menekankan bagaimana kita ber etika dalam berinternet di dunia maya, memperkenalkan kepada peserta didik ketika memcari informasi untuk dijadikan sumber belajar , dan bagaimana tatacara menuangkan hasil pencarian kedalam materi yang diberikan oleh guru.
Peserta didik di SMA Negeri 5 Palembang sebagian besar memiliki alat komunikasi berupa HP Android, hal ini salah satu aspek penunjang pelaksanaan pembelajaran berbasis internet di tambah dengan sarana seperti infokus, ruang komputer, dan askes internet pada setiap ruang komputer dan ruang ruang lainnya. Walapun demikan, sekolah memberikan batasan penggunaan HP di sekolah . Sebelum pembelajaran dimulai peserta didik mengumpulkan seluruh HP yqng dimiliki siswa diletakan kedalam box HP yang telah disediakan dan dikumpulkan pada ruang sendiri di bagian kesiswaan. Pada saat pembelajaran dimulai ketika guru menggunakan pembelajaran berbasis internet , peserta didik baru diperkenankan  menggunakan HPnya dan nanti tetap dalam pengawasan dari guru mata pelajaran.
Pembatasan dan pengawasan penggunaan HP saat proses pembelajaran berlangsung maupun jam sekolah di SMA Negeri 5 Palembang sebelumnya di tuangkan dahulu pada Peraturan Akademik dan Peraturan Tata Tertib Peserta Didik SMA Negeri 5 Palembang.Hal ini dimaksudkan agar peserta didik dapat menggunakan HP secara positip dan nantinya nilai nilai karakter peserta didik dapat terbentuk terkhusus saat melakukan interaksi berbasis online.
Penulis dalam pelaksanaan pembelajaran dikelas selalu memberikan motivasi kepada peserta didik agar mereka menyadari bahwa saat ini ada pada masa era digital dan Era Industri 4.0. Penggunaan HP secara maksimal digunakan saat pembelajaran ekonomi , sebagai contoh saat penulis mengawali pembelajaran dengan video pembelajaran , peserta didik mengamati video pembelajaran yang bersumber dari youtube tersebut dan siap mengikuti pembelajaran yang akan berlangsung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar